Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Kota Pahlawan Tuan Rumah Pertemuan ASEAN COCI ke-50

Oleh Admin 09-11-2015 13:28:07

Surabaya, Kemendikbud --- Kota Pahlawan, Surabaya, menjadi tuan rumah pelaksanaan The 50th Meeting of ASEAN Committee On Culture and Information (COCI). ASEAN COCI merupakan komite bersama dalam organisasi ASEAN yang mengurus bidang kebudayaan dan informasi. Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud mengatakan, pemilihan Surabaya sebagai lokasi pertemuan ASEAN COCI ke-50 sengaja dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Kota Surabaya itu Kota Pahlawan. Semoga dengan semangat Kota Pahlawan,  kerja sama ASEAN di bidang kebudayaan dan informasi bisa berjalan dengan baik," ujar Kacung saat acara pembukaan The 50th Meeting of ASEAN COCI di Surabaya, Jawa Timur, (9/11/2015).

Pertemuan ASEAN COCI ke-50 dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, yang diwakili Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Pembangunan, Agus Wahyudi. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengucapkan selamat datang kepada para delegasi ASEAN COCI. 

Soekarwo mengatakan, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak cagar budaya. Bahkan warisan budaya tertua ditemukan di Jawa Timur, yaitu fosil Homo Pithecanthropus yang ditemukan di Trinil Desa, Kabupaten Ngawi. Selain itu rumah prasejarah gua yang dilengkapi dengan kapak dan panah juga ditemukan di Pacitan.

"Menurut data arkeologi, pusat kerajaan Majapahit terletak di Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Kawasan cagar budaya ini memiliki sekitar 40 bangunan. Oleh karena itu, pada tahun 2013 Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Trowulan sebagai warisan budaya pada tingkat nasional," katanya. 

Menutup sambutannya, ia berharap pertemuan ASEAN COCI tidak hanya diisi dengan kegiatan budaya, tetapi juga dapat menjadi instrumen untuk menyatukan bangsa negara-negara ASEAN dengan pariwisata berbasis budaya.

Pertemuan ASEAN COCI ke-50 berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 12 November 2015 di Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 86 orang delegasi dari 10 negara ASEAN hadir sebagai peserta. Delegasi itu akan membahas berbagai proyek, strategi dan kegiatan di bidang kebudayaan dan informasi untuk tahun-tahun mendatang. Tujuan penyelenggaraan Pertemuan ASEAN COCI antara lain sebagai forum komunikasi negara anggota yang berkecimpung di bidang kebudayaan dan informasi, serta serta sarana diplomasi budaya Indonesia melalui kegiatan-kegiatan kebudayaan. Pada kesempatan ini Indonesia akan memaparkan usulan kegiatan yang terkait dengan kuliner, tekstil dan belajar dari mastro kebudayaan. (Desliana Maulipaksi)