Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

KUNJUNGAN GURU DAN SISWA MACATHUR ANGLICAN SCHOOL SYDNEY AUSTRALIA DI MTsN 3 JAKARTA

Oleh Admin 20-10-2015 13:17:46

Pada hari Selasa dan Rabu, 22-23 September 2015 MTs Negeri 3 Jakarta kedatangan Rombongan siswa Macarthur Anglican School (MAS) Australia sebanyak 17 siswa dan 4 Guru pendamping. Adapun Kunjungan ini merupakan Program 2 tahunan sekolah MAS. Macarthur Anglican School telah berkunjung pada tahun 2013 silam dengan siswa yang berbeda. Ke-4 guru yang berkunjung adalah Melissa (Wakil Kepala Sekolah), Joan Fenton (Ketua Fakultas Bahasa Indonesia), Allan dan Michelle. Kedatangan mereka pukul 08.00 pagi, dengan penuh antusias disambut para siswa MTsN 3 dengan upacara pengibaran ke-2 negara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Australia. Setelah memberikan sambutan dari kepala MTsN 3 dan sekolah Macarthur Anglican, di ruang Multimedia MTsN 3 mereka disajikan Tarian Saman dan lagu Indonesia lainnya. Acara berikutnya yakni pemberian Sertifikat lomba pidato Bahasa Inggris bagi siswa MTsN 3 yang dinilai oleh Guru Macarthur Anglican School, sedangkan pidato Bahasa Indonesia bagi siswa Macarthur Anglican School dinilai oleh Guru MTsN 3. Lomba ini dilakukan melalui media SKYPE beberapa bulan yang lalu.

Pada pukul 09.00 para siswa kedua Negara bertanding bola Basket, sedangkan Guru MAS dan MTsN 3 berdiskusi membicarakan program bersama lanjutan, yaitu inisiasi pembuatan Web Bersama antara Macarthur Anglican School dan MTsN 3 Jakarta. Adapun kontennya merupakan kegiatan kedua sekolah, sehingga keduanya saling memperoleh informasi tentang aktivitas yang telah dan akan dilakukan keduanya. Hal ini juga memungkinkan untuk kedua sekolah mengadakan lomba short movies competition.

Dengan durasi antara 2-3 menit dengan Bahasa Inggris untuk siswa MTsN 3 Jkt, dan Bahasa Indonesia untuk siswa Macarthur Anglican School. Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi Wisata TMII yaitu menyaksikan film Indonesia Nusantara di Keong Mas, lalu mengunjungi anjungan Provinsi DKI Jakarta sambil berpose menggunakan busana Betawi dan dipandu guide yang menceritakan sejarah Jakarta dari masa ke masa beserta videonya. Sebelum pulang ke penginapan, siswa dan guru Macarthur Anglican School melihat anjungan Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Pada pukul 16.00 kembali ke penginapan.

Keesokan harinya sebelum mengakhiri kunjungannya, pada pukul 08.00 siswa Macarthur Anglican School mengadakan diskusi dengan siswa MTsN 3 yang bertema Pertukaran Budaya Indonesia – Australian, dalam kegiatan tersebut mereka saling berkenalan dengan Bahasa Indonesia untuk siswa Australia dan Bahasa Inggris untuk siswa MTsN 3, lalu mereka saling menceritakan kebudayaan antar kedua Negara dari segi makanan, tarian, dan lain-lain. Siswa MTsN 3 juga mengajak siswa Macarthur Anglican School bermain permainan tradisional Indonesia; Taplak Gunung dan Galasin. Sedangkan guru-guru MTsN 3 mendapatkan pengalaman strategi pembelajaran di Australia khususnya yang telah dilakukan di Macarthur Anglican School. Pukul 11.00 di Ruang Multimedia antar kedua sekolah menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan batik sedangkan Macarthur Anglican School memberikan souvenir dan buku-buku referensi yang digunakan di Australia. Setelah acara penutupan, diadakan sesi pemotretan untuk dokumentasi kedua sekolah. Pukul 12.00 Rombongan Macarthur Anglican School berpamitan untuk melanjutkan kunjungan ke Jogjakarta. Adapun rencana kunjungan berikutnya diadakan pada tahun 2017 mendatang.