Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Kolaborasi Komikus Indonesia Tarik Perhatian Pengunjung Frankfurt Book Fair

Oleh Admin 19-10-2015 14:43:02

Frankfurt, Kemendikbud --- Kolaborasi spontan empat komikus Indonesia menarik perhatian pengunjung di Island of Images, Paviliun Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015. Adalah Muhammad 'Mice' Misrad, Kharisma Jati, Is Yuniarto dan Aji Prasetyo, komikus yang ditantang untuk menggambar komik bersama dengan tema yang diajukan pengunjung. 
 
Pengunjung tertarik ingin mengetahui kisah salah satu pulau dari 17.000 pulau yang dipromosikan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Aji Prasetyo pun menggambar bersama Is Yuniarto untuk menceritakan realitas di Pulau Nusa Kambangan. Mereka menyindir perihal suap yang terjadi di penjara paling menakutkan di Indonesia itu. Sementara Muhammad Misrad alis Mice dan Kharisma Jati berguyon tentang kontrasnya cuaca di Jakarta dan Frankfurt. 
 
Salah satu pengunjung asal Jerman, Gisela Fischer mengungkapkan kekagumannya. "Saya terpukau, meski berasal dari genre berbeda, mereka bisa kompak menghasilkan ide yang segar," ujarnya. 
 
Sementara di arena Island of Scenes, dua penulis Indonesia, Oka Rusmini dan Intan Paramadita, menyampaikan bagaimana mereka menulis untuk membongkar tabu yang telah meminggirkan perempuan Indonesia. Di sisi lain, mereka pun menyampaikan bagaimana tabu dan stereotip itu juga telah menyempitkan pandangan publik terhadap para penulis perempuan Indonesia. (Desliana Maulipaksi/Sumber: Komite Nasional Indonesia untuk Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015)