Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Oleh Admin 13-10-2015 17:39:50



Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausahawan
Dalam kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha kita akan mempelajari materi tentang pengertian kewirausahaan, karakteristik wirausahawan yang meliputi (disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realistis), dan mengidentifikasi kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakterisitik wirausahawan.
1         Pengertian kewirausahaan
Beberapa istilah kewirausahaan yang dikemukakan oleh beberapa ahli adalah sebagaii berikut:
a.  Menurut Savary: kewirausahaan (Entrepreuneur) adalah: Orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.
b.    Menurut Roben (1996) adalah  suatu prose sesorang guna mengejar peluang/kesempatan untuk memenuhi kebutuhan/keinginan memalui inovasi tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan.
c.   Menurut Zimmerer (1996): adalah suatu prose penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.
d.  Menurut Inpres No. 4/1995 tentang GNMMK ( Gerakan Nilai Memastarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan) adalah Semangat, sikap , perilaku dan kemapuan seseorang dalam menagani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya: mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologid an produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka pelayanan  yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.
Sedangkan istilah wirausaha sendiri dapat diartikan sebagai orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat dalam memastikan kesuksesan.