Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Indonesia Raih Emas di Olimpiade Geografi Internasional 2015

Oleh Admin 27-08-2015 15:33:04

Jakarta, Kemendikbud --- Indonesia memperoleh satu medali emas dan dua perunggu di Olimpiade Geografi Internasional ke-12 atau International Geography Olympiad (IGEO) yang diikuti ratusan peserta kompetisi dari 41 negara di Tver Oblast dan Moskow, Rusia. Medali emas berhasil diraih Andito Jeremia Adhyatma dari SMA 8 Jakarta.

Selain medali emas, Indonesia juga berhasil memperoleh dua perunggu yang diraih Asri Hadiyanti Giastuti dari SMAN 1 Bogor serta Melinda Gularso SMAK 7 Penabur. Mereka tiba di tanah air pada Selasa (25/8/2015) sore, di bandara internasional Soekarno-Hatta, Banten.

Tim Olimpiade Geografi Indonesia dibimbing tim dosen dari perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Samsul Bachri dari ITB, dan Junun Sartohadi dari UGM. Selain itu Tim Olimpiade Geografi Indonesia juga didampingi observer atau pengamat dari Badan Informasi Geospasial, yaitu Titiek Suparwati, Wiwin Ambarwulan dan dan Sri Lestari Munajati.

Keberhasilan tim Indonesia tidak lepas dari bantuan dan dukungan Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Fakultas Geografi UGM dan Badan Informasi Geospasial (BIG), dan KBRI di Moskow. 

Samsul Bachri mengatakan Indonesia direncanakan menjadi tuan rumah Olimpiade Geografi Internasional (IGEO) 2017 yang akan diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan dari Badan Informasi Geospasial dan beberapa universitas di antaranya ITB, UGM, UPI dan UI. 

Olimpiade Geografi Internasional 2015 diselenggarakan International Geography Union (IGU) dan dilaksanakan oleh Olympiad Task Force di bawah Kementerian Pendidikan dan Sains Federasi Rusia bekerja sama dengan Geographical Society Rusia dan Tver State University serta Lomonosov Moscow State University. Kompetisi geografi tahunan dunia ini diperuntukkan bagi pemuda berusia 16 sampai 19 tahun, yang berhasil terpilih dari ribuan siswa. (Desliana Maulipaksi)