Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

BIMTEK K13 BAGI GURU, KEPALA MADRASAH & PENGAWAS

Oleh Admin 25-08-2015 15:45:03

[inhum/jakarta, 24 agustus 2015]

 

Seksi Penmad melaksanakan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 Angkatan I bagi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Pusat, bertempat di Aula Hotel Grand City pada hari Sabtu, 22 Agustus 2015 dengan dihadiri para Guru, Kepala Madrasah Aliyah Swasta dan para Pengawas sebanyak 57 orang.

 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Pusat menekankan bahwa kurikulum merupakan acuan bahan ajar maka Guru harus menguasai kurikulum 2013 tersebut. Dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang Guru harus menguasai 4 kompetensi, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial.

 

Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi yang merupakan kompetensi khas, yang membedakan guru dengan profesi lainnya, terdiri dari 7 aspek kemampuan, yaitu :

1. Mengenal karakteristik anak didik;

2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran;

3. Mampu mengembangkan kurikulum;

4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik;

5. Memahami dan mengembangkan potensi peserta didik;

6. Komunikasi dengan peserta didik; dan

7. Penilaian dan evaluasi pembelajaran.

 

Sedangkan kompetensi kepribadian melihat guru sebagai teladan, kompetensi profesional melihat kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam serta kompetensi sosial melihat apakah guru mampu bermasyarakat dan bekerjasama. 

 

[jonos15]