Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Selamat Hari Konstitusi : Mari Kita menjadi warga negara yang baik,adil,sejahtera dan sadar konstitusi

Oleh Admin 18-08-2015 15:56:45

Hari Konstitusi Indonesia mulai diperingati pada tanggal 18 Agustus 2008, saat ditanda-tanganinya Deklarasi Hari Konstitusi Indonesia oleh Lembaga Kajian Konstitusi, Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat, dan Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Daerah serta berbagai komponen masyarakat Indonesia, bertempat di ruang GBHN Gedung MPR. Gagasan diperingatinya tanggal 18 Agustus sebagai Hari Konstitusi Indonesia diawali dari sebuah artikel yang ditulis Mochamad Isnaeni Ramdhan yang berjudul Hari Konstitusi Indonesia dimuat dalam Harian Suara Karya pada Jum’at, 15 Agustus 2008.

Dengan adanya perubahan konstitusi, diharapkan konstitusi dapat memenuhi kehendak, hasrat, dan cita-cita rakyat dari bangsa dan negara yang memiliki konstitusi tersebut.

Perubahan konstitusi juga didasari oleh pernyataan salah satu pendiri negara kita, Ir. Soekarno sebagai Ketua PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, beliau menyatakan “….bahwa ini adalah sekedar Undang-Undang Dasar Sementara, Undang-Undang Dasar Kilat, bahwa barangkali boleh dikatakan pula, inilah revolutiegrondwet. Nanti kita membuat Undang-Undang Dasar yang lebih sempurna dan lengkap”