Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Ditjen PHU Optimis Pemberangkatan Jamaah Haji Sesuai Jadwal

Oleh Admin 17-08-2015 06:02:06

Jakarta (Pinmas) —- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil menegaskan bahwa pihaknya terus memproses persiapan layanan ibadah haji, khususnya yang terkait dengan penyiapan visa jamaah. Sehubungan itu, Abdul Djamil mengaku optimis bahwa pemberangkatan jamaah haji Indonesia akan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Penegasan ini disampaikan Abdul Djamil saat dihubungi kontributor Pinmas, Minggu (16/08), saat dimintai tanggapannya  menyusul adanya pemberitaan bahwa beberapa visa jamaah yang akan diberangkatkan pada kloter awal belum selesai. “Optimis bahwa pemberangkatan sesuai jadwal, sekarang sedang melakukan proses-proses akhir di KBSA (Kedutaan Besar Saudi Arabia),” tegasnya.

Abdul Djamil mengaku bahwa sejak awal, Ditjen PHU memang sudah melakukan upaya-upaya antisipatif dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji, termasuk dalam penyiapan visa jamaah. “Kita sekarang sedang memacu KBSA untuk bisa menyelesaikan persoalan visa ini secara tuntas,” terangnya.

Selain itu, Abdul Djamil memastikan bahwa penyelesaian visa jamaah haji kloter-kloter awal menjadi prioritas untuk diselesaikan sebelum tanggal 21 Agustus 2015. “Untuk kloter-kloter awal akan kita prioritaskan untuk diselesaikan sebelum tanggal 21 Agustus. Langsung dieskskusi,” tandasnya.

Menurut Abdul Djamil, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk mengkaitkan visa dengan paket-paket layanan yang ada di Arab Saudi dan pengkloteran jamaah. Kebijakan yang keluar di tengah proses pembuatan visa ini kemudian berpengaruh terhadap keseluruhan proses karena harus ada penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan dan itu dialami semua negara. “Itu hampir semua negara mengalami hal yang sama sehingga harus menyesuaikan,” terangnya.

“Insya Allah lah semua sesua rencana karena sudah 2 minggu terakhir ini kita sudah nglembur.  Setelah sebelumnya diinformasikan visa yang sudah selesai 95 ribuan, sampai Jumat sore lalu  sudah bertambah  sekitar 17 ribuan,” jelasnya.

“Hari sabtu sore bahkan sudah bertambah 6 ribuan, hanya karena sudah terkena hari libur maka akan dilanjutkan pada selasa. Dan itu sudah memprioritaskan jamaah-jamaah yang kloter-kloter awal. Itu sudah protap kerja kita,” tambahnya.

Senada dengan Abdul Djamil, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengaku optimis dengan proses penyelesaian pembuatan visa jamaah haji Indonesia. Menurutnya, proses pembuatan visa sudah tidak ada masalah karena paspor yang sudah masuk ke dokumen sudah di-approve semua. “Jadi tinggal cetak visa. Hanya kemudian ketemu hari libur Sabtu, Minggu, dan Senin, sehingga cetak visanya baru bisa dilakukan kembali hari Selasa,” terangnya.

Terkait visa kloter awal, Ahda Barori mengaku akan melakukan pengecekan ulang untuk memastikan agar yang belum tercetak bisa diselesaikan pada selasa atau rabu depan. (mkd/mkd)