Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Kapinmas: Perlu Sinkronisasi dan Integrasi Sistem Informasi Kemenag

Oleh Admin 17-08-2015 05:55:44

Gorontalo (Pinmas)  —- Kondisi data di lingkungan Kementerian Agama memiliki karakteristik yang berbeda. Dengan demikian, perlu adanya sinkronisasi data dan integrasi sistem informasi.

Pesan ini disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapinmas) Rudi Subiyantoro saat menjadi narasumber kegiatan Bimtek Pendataan Berbasis IT di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, di Gorontalo, Jumat (14/08).

“Tidak ada yang bisa menyangkal, bahwa data adalah sesuatu yang sangat penting dan bersifat strategis. Maka, tidak ada juga dari kita yang bisa menolak usulan untuk selalu memperbaiki kualitas data,” tegas Rudi di hadapan peserta kegiatan yang berasal dari Kanwil dan Kankemenag Gorontalo.

Menurutnya, sekurang-kurangnya ada 4 tahapan menuju data yang sinkron. “Pertama, merencanakan data; kedua, mengumpulkan data; ketiga, mengolah data; keempat, publikasi data; dan yang terakhir, kelima, mengembangkan sistem informasi. Dan seluruhnya harus sinkron dan terintegrasi,” ungkap Rudi.

Dalam kesempatan yang sama, di hadapan peserta, Rudi juga menjelaskan visi dan misi Kementerian Agama sebagai tujuan bersama yang harus diwujudkan. “Salah satunya adalah mewujudkan data yang berkualitas untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan terpercaya,” ucap Rudi.

Hadir dalam acara ini Kepala Kanwil Gorontalo Rusman Langke dan Kasubbag Informasi dan Humas Maryam. (roes/mkd/mkd)