Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sekolah Indonesia Johor Baru Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015

Oleh Admin 21-05-2015 15:18:36

Wed, 05/20/2015 - 13:47

Surabaya, Kemendikbud --- Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) dengan dedikasi memberikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Malaysia, khususnya wilayah Johor, meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2015. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada Konsulat Jenderal RI (KJRI) Johor Bahru selaku pembina SIJB, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/05/2015).

Pemberian penghargaan tersebut dimaksudkan untuk mendorong instansi melakukan inovasi terbaik dalam memberikan pelayanan publik. Terpilihnya SIJB sebagai peraih penghargaan tersebut dikarenakan upaya pemberian pelayanan, dan fasilitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Johor Bahru Malaysia yang memiliki keterbatasan akses pendidikan formal.

Sejak didirikannya SIJB pada tanggal 5 Januari 2014, sampai dengan saat ini telah memiliki fasilitas pendidikan formal jenjang Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selanjutnya, pada tahun pelajaran 2014/2015, SIJB membuka pelayanan pendidikan non formal dengan menyelenggarakan ujian Paket A dan Paket B.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai upaya mendukung berdirinya SIJB, telah memberikan dukungan pendanaan operasional melalui Bantuan Dana Rintisan Sekolah Indonesia Luar Negeri. Selain itu, melalui Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) juga telah mengirimkan tiga tenaga pendidik untuk memperkuat pelayanan pendidikan bagi warga negara Indonesia usia sekolah di SIJB.

Pemerintah Indonesia berharap dengan didirikannya SIJB dapat menjadi solusi terhadap masalah keterbatasan pelayanan pendidikan formal anak-anak Indonesia di Malaysia khususnya wilayah Johor. (Rahmadi Diliawan)