Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Oleh Admin 20-04-2015 16:12:35

(Kamenag Kab. Bangli) – Kepala Seksi Pendidikan Islam Kab. Bangli Bapak H. Yusup Wahyudi, S.Ag pada hari Kamis, 09 April 2015 telah mengikuti serangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa Ke-94 TA 2015. Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TTMD) berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Dalam kegiatan Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TTMD) hadir para pejabat Eselon I dan II Kemenag Pusat, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, para Pejabat Markas Besar TNI-AD, Panglima Kodam Jaya, para Gubernur dan Bupati/Walikota, para perwira TNI Angkatan Darat, para Ka. Kanwil Kemenag, dan beberapa Ka. Kankemenag Kab. Kota.

            Acara dibuka oleh Menteri Agama RI Bapak Lukman Hakim Saifuddin. Terlebih dahulu beliau mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-54 kepada jajaran Kostrad. Dilanjutkan dengan berbagai bahasan mengenai TMMD. Menurut beliau sasaran kegiatan non fisik TMMD yang dilaksanakan Kementerian Agama diarahkan untuk merespon kebutuhan semua umat beragama di Tanah Air ( Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Koghucu). Beliau berharap TMMD dapat membentengi masyarakat dari perembesan radikalisme dan menangkal merosotnya nilai budaya bangsa akibat pengaruh budaya global. Beliau juga mengamanatkan kepada seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama dan di 61 wilayah Kantor Kementerian Agma Kabupaten/kota agar menyambut dan ikut menyukseskan program TMMD.

            Setelah Menteri Agama RI membuka acara sekaligus memberikan pembahasan, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kitab suci sekaligus jumpa pers Menteri Agama. Sekjen Kementerian Agama RI, Dr. H. Nur Syam, M. Si melanjutkan acara dengan memberikan ceramah mengenai sinergi program Kemenag dan TNI AD dalam kegiatan TMMD, diantaranya pembagunan/Rehabilitas rumah ibadah (Masjid, Gereja, Vihara, sesuai lokasi dan kondisi setempat) pendistribusian kitab suci Al-Quran dan kitab suci Agama lain sesuai lokasi dan kondisi setempat.”Indonesia menjadi contoh toleransi dan Hak Asasi Manusia yang tinggi di dunia, maka harus bangga sebagai bangsa Indonesia, dan harus mempertahankan dan meningkatkannya” ujar Sekjen Kementerian Agama RI dalam Rakornis TMMD. Beliau juga mengupas makna “Manunggal” antar TNI dengan masyarakat, masyarakat dengan tuhan dst, diantara hikmahnya akan menciptakan kekuatan, ketentraman, sinergitas, dan percepatan. Beliau juga memaparkan bahwa agama merupakan “unic” diantaranya adanya “true Claims” namun dalam kenyataan yang harus dipertahankan yaitu terwujudnya “co” bahkan “pro” existensi.Terakhir dilanjutkan dengan ceramah Strategi Pemerintah dalam Pengelolaan Perbatasan Negara. (anna)