Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

BKKBN Beserta Instansi Terkait Laksanakan Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015

Oleh Admin 16-04-2015 08:23:49

BKKBN Jatim – Selama kurang lebih dua minggu telah dilaksanakan penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015.
Tim penilai dalam kegiatan ini melibatkan lintas sektor. Diantaranya, dari pihak BKKBN, PKK, Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat. Dengan adanya lomba ini, diharapkan bisa meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan

Rangkaian penilaian lomba diawali dengan penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan pada Selasa (24/02). Secara berturut-turut disusul dengan penilaian di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Gresik. Kemudian, untuk penilaian kategori lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto pada Senin (02/03). Lebih lanjut, untuk penilaian kategori PKK-KB-Kesehatan dimulai di Kabupaten Situbondo pada Senin (24/02). Kemudian disusul dengan penilaian di Kota Probolinggo, Kota Pasuruan dan Kabupaten Ngawi.

Seperti yang telah diketahui bersama kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan selama ini dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK, BKKBN, Dinas Kesehatan serta instansi terkait lainnya. Banyak sudah hasil dan manfaat yg telah kita peroleh bersama yg dirasakan oleh masyarakat.

Amanat yang dibebankan kepada kegiatan terpadu ini adalah untuk kemaslahatan umat manusia pada umumnya, dan masyarakat Jawa Timur pada khususnya. Keterpaduan dan kerjasama antara lintas sektor tersebut dengan melibatkan kelompok masyarakat dapat meningkatkan derajad kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi serta menjadi peserta KB. Dengan kondisi yang ideal tersebut diharapkan dapat berdampak terhadap masyarakat untuk meningkatkan ketahanan keluarga melalui peningkatan gizi serta kesehatan, pelayanan KB, khususnya untuk para ibu, anak dan balita terutama yang berasal dari keluarga Pra Sejahtera.

Ketua Tim Penilai Lomba PKK-KB-Kesehatan yang juga sekaligus Kepala Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Jatim, Drs.Sri Suparmi, M.Si menuturkan bahwa penilaian lapangan ini adalah sebuah bentuk verifikasi data tim untuk melihat fakta di lapangan dan kesesuaian apa yang telah dipaparkan di profil agar tim dapat menentukan yang terbaik dari yang baik. Harapan dengan diadakannya lomba semacam ini agar masyarakat dapat langsung berpartisipasi dalam program pembangunan serta meningkatnya cakupan pelayanan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan.
Sumber: Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Jatim