Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Ditjen Bimas Hindu Gelar Rakor Perencanaan Pusat, Daerah dan Perguruan Tinggi Hindu

Oleh Admin 16-04-2015 07:54:44

Batam (Humas)—Pada tanggal 6 s/d 10 April 2015 bertempat di Wisma Atlet Palembang, Ditjen Bimas Hindu mengadakan Rapat koordinasi (Rakor) Pusat, Daerah, dan Perguruan Tinggi Agama Hindu Negeri. Acara ini diselenggarakan dengan anggaran DIPA Ditjen Bimas Hindu Kemenag Pusat Jakarta.  Rapat Koordinasi ini diikuti lebih kurang 122 peserta yang terdiri dari Ka-Kanwil Prov. Bali sebanyak 1 (satu) orang, Pempinan Perguruan Tinggi Agama Hindu Negeri (PTAHN) sebanyak 6 (enam) orang, Ka-Kandepag/Kota se-Prov. Bali sebanyak 9 (sembilan) orang, Kabid/Pembimas Kanwil Kementerian Agama se-Indonesa sebanyak 34 (tiga puluh empat) orang, Penyelenggara/Kasi Urusan/Pendidikan di Kab/Kota Se-Indonesia sebanyak 34 (tiga puluh empat) orang, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Ditjen Bimas Hindu sebanyak 38 (tiga puluh delapan) orang. Acara Rakor dibuka secara resmi oleh Sekjen Kementerian Agama RI Senin (6/4/2015) jam 16.00 di aula/meeting room Wisma Atlet.

Tujuan dari diadakanya kegiatan Koordinasi Perencanaan Pusat, Daerah dan Perguruan Tinggi Agama Hindu ini adalah untuk mendapatkan data perencanaan yang akurat, untuk melakukan koordinasi dalam rangka pengalokasian dan singkronisasi anggaran Program Bimbingan Masyarakat Hindu dalam rangka penerapan multi DIPA dan alokasi anggaran yang tepat sasaran sesuai kebutuhan di daerah, menelaah kegiatan prioritas masing-masing daerah agar selaras dengan renstra, mengurangi revisi RKA-K/L yang berkali-kali di lingkungan Satker Ditjen Bimas Hindu, mengintegrasikan kegiatan Pusat dan daerah serta Perguruan Tinggi Agama Hindu (PTAHN), melakukan Singkronisasi Anggaran Pusat, daerah dan PTAHN tahun 2016.

Ada beberapa paparan narasumber dalam acara rakor ini seperti Sekjen Kementerian Agama RI tentang Kebijakan Kementerian Agama Tahun Anggaran 2016, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI tentang Evaluasi Kegiatan Tahun 2014 dan Fokus Kegiatan 2016. Sekretaris Itjen Kementerian Agama RI tentang Pengawasan Intern Untuk Pelaksanaan  Anggaran yang akuntabel. Direktur Pendidikan Bappenas tentang Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Bidang Pendidikan tahun 2015 – 2019. Direktur Agama, Kepemudaan dan Olah Raga Bappenas tentang Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Bidang Agama tahun 2015 – 2019. Dari Tim Bappenas juga memaparkan tentang Teknik Evaluasi Program dan Anggaran. Dilanjutkan dengan diskusi panel, penyusunan rencana kerja 2016, rapat paripurna serta diakhiri dengan penutupan.

Kegiatan ini positif  karena merupakan media untuk  singkronisasi anggaran pusat dan daerah sehingga akan tercipta dokumen perencanaan yang bermutu untuk pelaksanaan anggaran Tahun 2016. Bantuan kepada masayarakat bisa lebih terukur, tepat sasaran dan akuntabel jika sudah direncana sejak saat ini. Saran untuk kegiatan ini adalah supaya kegiatan rakor ini dilaksanakan rutin dan ada tindak lanjutnya, menghasilkan rekomendasi dan di tahun depan kegiatan rakor harus fokus pada permasalahan rencana kerja dan anggaran agar tidak meluas dan tepat sasaran.(Ketut Suardita/JZMI)*