Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Mendikbud: Bersama-sama Berikan Informasi Perubahan Ujian Nasional

Oleh Admin 02-04-2015 11:48:07

Jakarta, Kemendikbud --- Peran media terhadap dunia pendidikan sangat besar. Di sekolah siswa belajar melalui pengajaran yang dilakukan oleh guru, sedangkan sesampai di rumah, siswa dan guru mendapatkan pembelajaran dari media informasi khususnya televisi. Oleh sebab itu peran media sangat besar peran dan tanggung jawabnya dalam memberikan pendidikan dalam pembentukan perilaku dan kebiasaan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat mengunjungi Televisi Republik Indonesia (TVRI), Jakarta, jumat (27/03/2015). “Kita sama-sama sadari TVRI punya peran pendidikan dan kebudayaan sangat besar, dan media informasi betul-betul menjadi area pendidikan masyarakat," kata Mendikbud.

Mendikbud menuturkan, contoh pembelajaran pembentukan kebiasaan yang didapat dari media informasi adalah pelaksanaan hajat pendidikan nasional yaitu ujian nasional (UN). Pelaksanaan UN tahun ini akan berbeda, dengan mengeluarkan komponen syarat kelulusan. Melalui media informasi, kata Mendikbud, seluruh pihak terkait bersama-sama memberikan informasi bahwa UN bukanlah sesuatu yang menakutkan, tetapi menjadikan UN sebagai suatu kebutuhan untuk melihat capaian yang sudah di dapat selama belajar.

”UN bukan menjadi suatu yang perlu dikuatirkan. Melalui media informasi kita bisa ubah perilaku tersebut,” ujar Mendikbud.

Mendikbud berharap kerja sama dengan media-media informasi yang selama ini sudah dibangun, bisa terus dilanjutkan. Mendikbud pun menekankan, pemerintah bersama media informasi seperti TVRI, memiliki misi yang sama yaitu memastikan bahwa kualitas manusia di Indonesia meningkat, sehat dan terdidik.

”Kita berharap ke depan televisi yang mengedepankan pendidikan dapat kita dorong bersama-sama, karena disitulah channel yang kita butuhkan untuk mencerdaskan bangsa,” pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)